Peran Guru Sebagai Pelaksana Implementasi Kurikulum “Accelerated Christian Education” di Lifeway School Yogyakarta

Authors

  • Moriana Masdaminar Napitupulu Sekolah Tinggi Teologi Injili Indonesia Yogyakarta

Keywords:

Accelerated Christian Education Curriculum, Role, Teacher, Students, Christian Education

Abstract

Kurikulum Accelerated Christian Education adalah sebuah program pendidikan individual (individual learning) yang dalam keseluruhan proses pembelajarannya terintegrasi dengan nilai-nilai Alkitab (Biblical worldview) dan Karakter Kristus. Kurikulum ini menarik karena memiliki tujuh konsep dasar yaitu proses pembelajaran yang terintegrasi dengan Alkitab, adanya pendidikan karakter Kristus, individual learning, memperkuat pemahaman atau sistem pembelajaran, mendorong siswa berpikir kritis, memperhatikan mastery learning dan membangun kemampuan bersosialisasi. Peran guru sangat penting sebagai pelaksana implementasi kurikulum ini karena guru adalah ujung tombak dari kurikulum. Faktor-faktor yang mempengaruhi peran guru yakni kepala sekolah, siswa, dan orangtua. Kurikulum akan berhasil jika guru sebagai pelaksana menerapkannya dengan benar di dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian, penulis menemukan bahwa peran guru di Lifeway School sebagai pelaksana implementasi Kurikulum Accelerated Christian Education  ada banyak, Ia sebagai pengajar, pendidik, penilai, pemimpin, pembimbing, mentor, sebagai konselor, sebagai motivator, pemimpin spiritual dan agen Kristus.

References

Anonim. Procedure Manual I. Learning Center Essentials.Five Laws of Learning.Accelerated Christian Education.Inc 2010.

Anonim. Procedure Manual II. Learning Center Essentials.Five Laws of Learning.Accelerated Christian Education.Inc 2010

Ardani.J. R, Implementasi Program English Language Enviroment di Taman Kanak-kanak PKBM Lifeway Sleman. Journal Student.uny.ac.id.vol.vii No.5, 2018.

Anthony, M.J & Warren S Benson.. Exploring The History & Philosophy of Christian Education.Principle for the 21st Century. Kregel Publications, (2003) p102-103

Barley, J., Jack Layman& Ray White. Foundation of Christian School Education. Purposeful design Colorado. (2013): p147

Khoe Yao Tung. Terpanggil menjadi Pendidik Kristen yang Berhati Gembala. Andi Offset.Yogyakarta .2016.

Keller, M.N. Jesus the Teacher. Journal of Research on Christian Education. Spring.Vol 7. No 1,1998.

Mulyasa, E. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, (2004): hal.5-6

Nugrahani, F. Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Surakarta, 2014.

Lawson, M. Perkuliahan Doktoral “Foundation of Christian Education”. The Evangelical Theological. STII, Yogyakarta, 2008.

Lebar, L.E. Education That is Christian. Gandum Mas. (2006): h311

Palmer, Parker J, The Heart of a Teacher. Identify and Integrity in Teaching, 1997

Pasmino, R.W. Fondasi Pendidikan Kristen. BPK Gunung Mulia. hal.323, 2012.

Sidjabat, Binsen S. Pendidikan Kristen Konteks Sekolah: 12 Pesan Untuk Guru Dan Pengelola Pendidikan.Kalam Hidup.Bandung, 2018.

Sugiono, Metode Penelitian Pendidikan. CV. Alfabeta, 2019.

Downloads

Published

2022-06-30

How to Cite

Napitupulu, Moriana Masdaminar. “Peran Guru Sebagai Pelaksana Implementasi Kurikulum ‘Accelerated Christian Education’ Di Lifeway School Yogyakarta”. Pistis: Jurnal Teologi Terapan 22, no. 1 (June 30, 2022): 1–22. Accessed July 9, 2025. https://www.pistis.sttii-yogyakarta.ac.id/index.php/jurnal/article/view/27.