Peran Guru Sebagai Pelaksana Implementasi Kurikulum “Accelerated Christian Education” di Lifeway School Yogyakarta
Keywords:
Accelerated Christian Education Curriculum, Role, Teacher, Students, Christian EducationAbstract
Kurikulum Accelerated Christian Education adalah sebuah program pendidikan individual (individual learning) yang dalam keseluruhan proses pembelajarannya terintegrasi dengan nilai-nilai Alkitab (Biblical worldview) dan Karakter Kristus. Kurikulum ini menarik karena memiliki tujuh konsep dasar yaitu proses pembelajaran yang terintegrasi dengan Alkitab, adanya pendidikan karakter Kristus, individual learning, memperkuat pemahaman atau sistem pembelajaran, mendorong siswa berpikir kritis, memperhatikan mastery learning dan membangun kemampuan bersosialisasi. Peran guru sangat penting sebagai pelaksana implementasi kurikulum ini karena guru adalah ujung tombak dari kurikulum. Faktor-faktor yang mempengaruhi peran guru yakni kepala sekolah, siswa, dan orangtua. Kurikulum akan berhasil jika guru sebagai pelaksana menerapkannya dengan benar di dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian, penulis menemukan bahwa peran guru di Lifeway School sebagai pelaksana implementasi Kurikulum Accelerated Christian Education ada banyak, Ia sebagai pengajar, pendidik, penilai, pemimpin, pembimbing, mentor, sebagai konselor, sebagai motivator, pemimpin spiritual dan agen Kristus.
References
Anonim. Procedure Manual I. Learning Center Essentials.Five Laws of Learning.Accelerated Christian Education.Inc 2010.
Anonim. Procedure Manual II. Learning Center Essentials.Five Laws of Learning.Accelerated Christian Education.Inc 2010
Ardani.J. R, Implementasi Program English Language Enviroment di Taman Kanak-kanak PKBM Lifeway Sleman. Journal Student.uny.ac.id.vol.vii No.5, 2018.
Anthony, M.J & Warren S Benson.. Exploring The History & Philosophy of Christian Education.Principle for the 21st Century. Kregel Publications, (2003) p102-103
Barley, J., Jack Layman& Ray White. Foundation of Christian School Education. Purposeful design Colorado. (2013): p147
Khoe Yao Tung. Terpanggil menjadi Pendidik Kristen yang Berhati Gembala. Andi Offset.Yogyakarta .2016.
Keller, M.N. Jesus the Teacher. Journal of Research on Christian Education. Spring.Vol 7. No 1,1998.
Mulyasa, E. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, (2004): hal.5-6
Nugrahani, F. Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Surakarta, 2014.
Lawson, M. Perkuliahan Doktoral “Foundation of Christian Education”. The Evangelical Theological. STII, Yogyakarta, 2008.
Lebar, L.E. Education That is Christian. Gandum Mas. (2006): h311
Palmer, Parker J, The Heart of a Teacher. Identify and Integrity in Teaching, 1997
Pasmino, R.W. Fondasi Pendidikan Kristen. BPK Gunung Mulia. hal.323, 2012.
Sidjabat, Binsen S. Pendidikan Kristen Konteks Sekolah: 12 Pesan Untuk Guru Dan Pengelola Pendidikan.Kalam Hidup.Bandung, 2018.
Sugiono, Metode Penelitian Pendidikan. CV. Alfabeta, 2019.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Moriana Masdaminar Napitupulu

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
You are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material
for any purpose, even commercially.
The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.
Under the following terms:
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.