Pentingnya Kontemplasi Spiritual Sebagai Preferensi Pendidikan Agama Kristen

Authors

  • Yohanis Kamba Sekolah Tinggi Teologi Baptis Papua
  • Tandius Kogoya Sekolah Tinggi Teologi Baptis Papua

Keywords:

Kontempelasi, Pendidikan Kristen, Kerohanian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pentingnya kontemplasi spiritual sebagai preferensi pendidikan agama Kristen dewasa. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan tinjauan pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kontemplasi spiritual sangat penting dalam pendidikan agama Kristen dewasa karena dapat membantu individu untuk mengembangkan hubungan yang lebih dalam dengan Tuhan, meningkatkan pemahaman akan kebenaran dalam kitab suci, dan membantu mengatasi berbagai tantangan hidup dengan cara yang lebih positif. Kontemplasi spiritual juga dapat membantu individu untuk memperbaiki hubungan interpersonal dan meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan. Oleh karena itu, penelitian ini merekomendasikan agar kontemplasi spiritual menjadi bagian yang lebih penting dari pendidikan agama Kristen dewasa dan perlu dipromosikan melalui program pendidikan dan kegiatan gereja.

References

Andrianti, Sarah. “Pendidikan Kristen: Keseimbangan Antara Intelektual Dan Spiritualitas.” Jurnal Antusias (2012): 1–32.

Beard, Christopher. “Missional Discipleship: Discerning Spiritual-Formation Practices and Goals within the Missional Movement.” Missiology: An International Review 43, no. 2 (April 2015): 175–194.

Bryant, Robert A. “Romans 12: 1–8.” Interpretation 58, no. 3 (2004): 287–290.

Budiyana, Hardi. “Roh Kudus Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Kristen Mewujudkan Pengajaran Kristen Yang Mengandung Nilai Kekal.” Jurnal Teologi Berita Hidup 1, no. 1 (2018): 57–77.

Creswell, John W., and J David. Creswell. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mix Methode Approaches. 4th ed. Thousand Oaks: SAGE Publications, 2018.

Fee, Gordon, D. “Paul’s Letter to the Philipians.” In The New International Commentary of the New Testament. Grand Rapids: William B. Eerdmans Publishing Company, 1995.

Gallagher, Luisa J. “A Theology of Rest: Sabbath Principles for Ministry.” Christian Education Journal: Research on Educational Ministry 16, no. 1 (April 2019): 134–149.

Goldingay, John. Psalms: Psalms 90-150. Vol. 3. Baker Academic, 2008.

Gromm, Thomas H. Christian Religious Education. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2010.

Hale, Merensiana. “Implikasi Teori Pendidikan Spiritualitas Menurut Parker J. Palmer Bagi Spiritualitas Pendidik Kristen Di Gereja.” HUPERETES: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 2, no. 1 (2020): 14–25.

Kristianto, Paulus Lilik. Prinsip Dan Praktik Agama Kristen. Yogyakarta: Andi, 2008.

Kruse, Colin G. “Paul’s Letter To The Romans.” In The Pillar New Testament Commentary, edited by D. A. Carson. Grand Rapids: Wm. B. Eerdmans Publishing Co, 2012.

Lanker, Jason. “The Soul: Discipleship That Fosters an Integrated Soul.” Christian Education Journal 16, no. 1 (2019): 122–133.

Maahury, Simon Moshe. “Kepemimpinan Futuristik Dalam Terang Nilai Kekristenan.” LOGON ZOES: Jurnal Teologi, Sosial dan Budaya 6, no. 1 (2023): 26–36.

Muda, Simeon Bera. “DEI VERBUM ‘ALKITAB BUKU YANG TERBUKA.’” Jurnal Ledalero 12, no. 2 (2017): 249–270.

Mulyana, Deddy. Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma Baru Ilmu Komunikasi Dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2018.

Nainggolan, Pieter, and Epafras Mujono. “Prinsip-Prinsip PAK Informal Yang Terkandung Dalam Amsal 10:1-22; 16 Dan Implementasinya Di Jemaat GKN Senopakis Yogyakarta AMSAL 10: 1-22: 16.” JURNAL ILMIAH PENABIBLOS 13, no. 02 (2022).

Noti, Fonita Babang, and I Putu Ayub Darmawan. “Identitas Kristen Dan Peran Pendidikan Agama Kristen Di Tengah Kemajemukan.” In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Agama Kristen Dan Call for Papers Kristen Dan Call for Papers Dan Call for Papers. Ungaran: Sekolah Tinggi Teologi Simpson, 2016.

Nuhamara, Daniel. “Pembimbing PAK.” Bandung: Jurnal Info Media (2007).

White, Ellen G. Fundamentals Of Christian Education. Silver Spring: Ellen G. White Inc., 2021.

van Wyk, J H. “Christian Pedagogy,Education and Teaching.” Koers-Bulletin for Christian Scholarship/Bulletin vir Christelike Wetenskap 41, no. 5–6 (1976): 263–290.

“No Title,” n.d. https://lifewayresearch.com/2018/07/31/regular-churchgoers-are-more-happy-and-engaged-in-life/.

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Kamba, Yohanis, and Tandius Kogoya. “Pentingnya Kontemplasi Spiritual Sebagai Preferensi Pendidikan Agama Kristen”. Pistis: Jurnal Teologi Terapan 21, no. 2 (December 31, 2021): 80–92. Accessed July 8, 2025. https://www.pistis.sttii-yogyakarta.ac.id/index.php/jurnal/article/view/21.