Integrasi Amsal 24:3-4 dan Metode Trivium dalam Meningkatkan Literasi Membaca di Sekolah Rumah Komunitas Jogja Patriae Academy
DOI:
https://doi.org/10.51591/pst.v25i1.194Keywords:
Amsal 24:3-4, Trivium, Literasi Membaca, Homeschooling Komunitas, Pendidikan KristenAbstract
Penelitian ini melakukan analisis perbandingan Amsal 24:3-4, sebuah teks hikmat Alkitab yang menekankan hikmat, pengertian, dan pengetahuan, dengan metode Trivium, kerangka pendidikan Barat klasik yang terdiri dari Tingkat Dasar (Grammar), Logika, dan Retorika. Penelitian ini mengeksplorasi persamaan dan perbedaannya dan menerapkan temuan tersebut untuk meningkatkan literasi membaca dalam lingkungan homeschooling komunitas, khususnya Jogja Patriae Academy. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis ekspositori, penelitian ini mengidentifikasi tujuan dan elemen bersama antara kedua kerangka tersebut, seperti pendekatan pembelajaran yang progresif dan berjenjang. Temuan utama menyoroti bahwa mengintegrasikan landasan spiritual dan moral Amsal 24:3-4 dengan struktur kognitif sistematis Trivium menumbuhkan pemikiran kritis, pengembangan karakter, dan pertumbuhan rohani pada siswa. Aplikasi praktis mencakup kurikulum yang disesuaikan dan keterlibatan orang tua untuk meningkatkan literasi membaca. Penelitian ini berkontribusi pada pendidikan Kristen dengan mengusulkan model pedagogis holistik berbasis iman.
References
Adhari, Febby & Hanipah, Rika & Rustini, Tin & Arifin, Muh. “Pengaruh Penggunaan Gawai Terhadap Minat Literasi Baca Pada Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar.” Mahaguru Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, no. 3 (2022): 36–41. https://www.researchgate.net/publication/363260854_Pengaruh_Penggunaan_Gawai_Terhadap_Minat_Literasi_Baca_Pada_Pembelajaran_IPS_di_Sekolah_Dasar.
Bland, Dave. “A Rhetorical Perspective on the Sentence Sayings of the Book of Proverbs.” University of Washington (1994).
Clagget, Doreen. Christ-Centered Phonics Workbook. Edited by Robert L. Grete. Revised Ed. Fort Walton Beach, Florida, USA: Christ Centered Publication, 2011.
Creswell, J. W. Qualitative Inquiry & Research Design: Choosing among Five Approaches. 3rd ed. Thousand Oaks, CA: SAGE Publications, 2013.
Dunham, Kyle C. “Structure and Theology in Proverbs: Its Function as an Educational Program for Novice Leaders in Ancient Israel.” Bulletin for Biblical Research 29 (2019): 361–388.
Dwinanda, Reiny. “Hanya 31 Persen Siswa SD Punya Tingkat Literasi Baik.” https://republika.co.id/berita//rmf1wf414/peneliti-hanya-31-persen-siswa-sd-punya-tingkat-literasi-baik.
Firmansyah, Cyril Anfasha, Moch Fauzi Alfandri Suherman, Putri Nabila Akmal, Archie Flora Anisa, and Estro Dariatno Sihaloho. “Diagnosing Poverty Eradication Through Literacy: Analysis from Indonesia National Socioeconomic Survey.” Jurnal Ekonomi Pembangunan: Kajian Masalah Ekonomi dan Pembangunan 24, no. 2 (2023): 190–201.
Jauhari, Siti Sarah. “Peringkat PISA 2022 Indonesia Meningkat Meski Alami Penurunan Skor.” https://data.goodstats.id/statistic/peringkat-pisa-2022-indonesia-meningkat-meski-alami-penurunan-skor-jbZX3.
Joseph, Sister Miriam. The Trivium: The Liberal Arts of Logic, Grammar, and Rhetoric. Edited by Marguerite McGlinn. Reissue. Philadelphia, USA: Paul Dry Books, 2002.
Khoe Yao Tung. Filsafat Pendidikan Kristen: Meletakkan Fondasi Dan Filosofi Pendidikan ... PBMR ANDI, 2021. https://books.google.co.id/books?id=LoI5EAAAQBAJ.
Millar, Suzanna. “When a Straight Road Becomes a Garden Path: The ‘False Lead’ as a Pedagogical Strategy in the Book of Proverbs.” Journal for the Study of the Old Testament 43, no. 1 (2018). https://www.academia.edu/36598025/When_a_Straight_Road_Becomes_a_Garden_Path_The_False_Lead_as_a_Pedagogical_Strategy_in_the_Book_of_Proverbs.
Mitchell, Robert Todd. “Student Perceptions of Trivium-Based Education in Classical Christian Schools: A Phenomenological Study.” Doctoral Dissertations and Projects (2019). https://digitalcommons.liberty.edu/doctoral/2238.
Morris, Henry M. The Remarkable Wisdom of Solomon: Ancient Insights from the Song of Solomon, Proverbs, and Ecclesiastes. 4th Ed. Arkansas, USA: New Leaf Publishing Group, 2007.
Najoan, Jemmy C. “COMPARATIVE ANALYSIS OF PROVERBS 3:19-20 AND PROVERBS 24:3-4 AN EXEGETICAL STUDY.” Jurnal Koinonia: Fakultas Filsafat Universitas Advent Indonesia 11, no. 2 (December 31, 2019) (2019): 23–44.
Ogden Bellis, Alice. “Proverbs in Recent Research.” Currents in Biblical Research 20, no. 2 (February 2022): 133–164.
Pendidikan, Menteri, Kebudayaan, and Republik Indonesia. “Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 129 Tahun 2014 Tentang Sekolahrumah Dengan” (2013): 2013–2015.
Ramadhan, Bintang. “Budaya Literasi Rendah, Menjadikan Indonesia Sebagai Peringkat Ke-2 Terbawah Dunia Tentang Literasi.” https://www.kompasiana.com/bintangramadhan5/6569c1d8c57afb21aa32dc23/budaya-literasi-rendah-menjadikan-indonesia-sebagai-peringkat-ke-2-terbawah-dunia-tentang-literasi.
SIN, SIA KOK. “Pendekatan Topikal Dalam Menafsirkan Kitab Amsal.” SOLA GRATIA: Jurnal Teologi Biblika dan Praktika 6, no. 1 (2020): 1–27.
Sualang, Farel Yosua. “Prinsip-Prinsip Hermeneutika Genre Hikmat Dalam Kitab Amsal: Suatu Pedoman Eksegesis.” Jurnal PISTIS 1, no. Old Testament, Genre of Wisdom, Hermeneutics (2019): 93–112. https://osf.io/preprints/inarxiv/xmk6h/.
Sudiarja, Antonius. Pendidikan Dalam Tantangan Zaman. Pdf Ed. Yogyakarta, Indonesia: PT. Kanisius, 2014.
Wilson, Douglas. Recovering the Lost Tools of Learning, An Approach Distinctively Christian Education. Vol. 12. Illinois, Amerika: Crossway Books, 1991.
———. The Case for Classical Christian Education. Wheaton, IL, USA: Crossway, 2003.
Yusniah, Yusniah, Nurmala Lubis, Nurul Adilla, and Imam Hardani Ritonga. “Jaringan Kerjasama Perpustakaan Lapangan.” Da’watuna: Journal of Communication and Islamic Broadcasting 3, no. 2 (2023): 524–533.
Alkitab TB2. Jakarta, Indonesia: Lembaga Alkitab Indonesia, 2023.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Widajanti Dwi Adi, Jimmy Piter Kalauserang

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
You are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material
for any purpose, even commercially.
The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.
Under the following terms:
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.