Perspektif Yesus Tentang Anak Dalam Markus 10:13-16 Ditinjau Dari Teori Psikologi Sosial
DOI:
https://doi.org/10.51591/pst.v23i1.132Keywords:
Perspektif, Yesus, Anak, Markus 10:13-16, Psikologi sosialAbstract
Memperkenalkan Kerajaan Allah merupakan bagian dari misi Yesus ke dunia, dan Kerajaan Allah ditawarkan kepada semua orang termasuk anak-anak. Di sinilah perspektif Yesus tentang anak dapat dilihat sebagai upaya Yesus untuk memulihkan identitas anak-anak yang salah selama ini. Apa yang dilakukan Yesus dalam cerita ini sangat jelas terlihat bahwa Ia melayani dengan penuh kasih dan penuh kuasa. Tulisan ini bertujuan bagaimana melihat perspektif Yesus tentang anak-anak dan hubungannya dengan psikologi sosial anak khususnya tentang identitas anak (self concept) dan peran orang tua di dalamnya. Anak-anak ditampilkan sebagai entitas yang lemah dan kerap di sisikan dalam berbagai aspek kehidupan, baik itu di masyarakat maupun di dalam bidang agama. Mereka selalu menjadi objek perlakuan diskriminatif dari orang dewasa khususnya.Dengan mengunakan metode analisi teks dan eksegesis. Ditemukan beberapa fakta terkait dengan identitas anak (self concept) dan peran orang tua. Dalam perpektif Yesus anak-anak merupakan bagian penting dari Kerajaan Allah, genarasi pemimpin di masa depan. Teladan Yesus tentang memberi kesempatan yang sama kepada anak-anak, bersedia membela, mengajar, memeluk dan memberkati mereka mereka adalah prinsip penting bagi orang tua.
References
Bailey, James L. Seminari Teologi Wartburg Dubuque, Iowa, “Experiencing the
Kingdom as a Little Child: A Rereading of Mark 10: 13-16.” 1995.
Bauer's, Walter. ”A Greek-English Lexicon Of The New Testament And Other Early
Christian Literature.” Chicago: Chicago Press. 2000.
Boehlke, Robert R. “Siapakah Yesus Sebenarnya?” Cet. ke-8. Jakarta: BPK Gunung Mulia. 2000.
Culpepper, R. Alan. Smyth & Helwys Bible Commentary: “Mark.” Macon : Smyth &
Helwys Publishing. 2007.
Fauzy Ahmad dkk, “Metodologi Penelitian.” Purwokerto: Pena Persada, 2022.
Hiebert, D. Edmond. “The Gospel of Mark.” Greenville: BJU Press. 1994.
Krismawati Yeni. Sekolah Tinggi Teologi Pelita Bangsa Jakarta. “Teori Psikologi
Perkembangan Erik H. Erikson dan Manfaatnya Bagi Tugas Pendidikan Kristen Dewasa Ini,” 2014.
Lane, William L. “The Gospel According to Mark.” Grand Rapids: Eerdmans Publishing Company. 1974.
Louw, Johannes E.And Eugene A. Nida. “Greek-English Lexicon Of The New Testament.” New York: United Bible Societies. 1989.
McBride, Denis. “The Gospel of Mark: A Reflective Commentary.” Dublin: Dominican
Publications. 1996.
Oderinde Abosede Olatundun. “The Study of Children in Mark 10:13-16 from a Yoruba
Perspective. Niegria; Olabisi Onabanjo University, 2015.
Putra, Adi. “Tri Misi Yesus: Matius 4:23,” Berilah Dirimu Didamaikan dengan Tuhan:
Kumpulan Tulisan dalam Rangka Ulang Tahun SETIA ke-27, (2014), (pp.191-211).
Robert H. Stein. “Mark Baker Exegetical Commentary on the New Testament.” Grand
Rapids: Baker Academic 2002.
Rodenberg Shannon. “Welcoming the Least of These: Children in Mark 9:33-37 and
Mark 10:13-16.” Oklahoma City University.
Sari, Mila dan Asmendri. “Penelitian Kepustakaan dalam Penelitian Pendidikan IPA.”
Natural Science 6, no. 01, 2020.
Scott, Liddell. “Greek Lexicon (Abridged).”
Sine, Novy Amelia. Elisabeth Habitus nir-kekerasan: Sebuah upaya mendialogkan
habitus Yesus dan pemikiran Pierre Bourdieu tentang pencegahan kekerasan simbolik, (KURIOS: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen, Vol 8, No. 2,(2022).
Timpte, Katherine Joy Kihlstrom. “The Transformational Role of Discipleship in Mark
:13-16 Passage Towards Childhood.” London ; New York : T&T Clark. 2022.
Volf Gundry, Judith. Yale University Divinity School, Amerika Serikat. “To Such As
These Belongs The Reign Of GOD” Jesus and Children,” 1997.
Wessel, Walter W and Mark Strauss, “Mark The Expositor’s Bible Commentary.” Grand Rapids: Zondervan. 2010.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Yunita Yunita, Tulus Raharjo, Lanny Laras

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
You are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material
for any purpose, even commercially.
The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.
Under the following terms:
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.